Sabtu, 18 November 2017

Jurusan di PKN STAN (Akuntansi, Pajak, Bea Cukai, Manajemen Keuangan)

Hai BelajarTKD balik lagi nih....
Udah tau belum sih jurusan apa aja yang ada di PKN STAN? Sebelumnya mimin mau ngasih tau dulu nih. Jurusan merupakan unsur pelaksana akademik yang melaksanakan Pendidikan Vokasi dalam sebagian atau satu cabang ilmu pengetahuan. Nah, PKN STAN saat ini memiliki 4 jurusan yang masing-masing jurusan punya program studi.


Sumber: sweetsomedelight.wordpress.com/tag/stan/

1) Jurusan AKUNTANSI
Jurusan ini identik dengan warna hijau. Jurusan Akuntansi memiliki dua program studi unggulan yaitu:
a) Diploma IV Akuntansi (baik reguler dan tugas belajar); dan
b) Diploma III Akuntansi (baik reguler dan tugas belajar).

Untuk jurusan Akuntansi tentunya akan belajar Akuntansi setiap semesternya mulai dari Pengantar Akuntansi, Akuntansi Keuangan Menengah, Akutansi Pemerintah, Akuntansi Keuangan Lanjutan, Akuntansi Biaya, dan Akuntansi Perpajakan. Selain itu dijurusan ini juga akan mempelajari Perpajakan, Audit Keuangan, Keuangan Publik, Manajemen Keuangan, Hukum Keuangan Negara, Analisis Laporan Keuangan, Ekonomi, dan mata kuliah dasar lainnya kayak Agama, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Pancasila dan Kewarganegaraan, Statistika dan sebagainya.

Untuk program studi Diploma III Akuntansi biasanya menampung seribuan mahasiswa baru setiap tahunnya. Walaupun di tahun 2015 dan 2016 jumlahnya hanya ratusan, tetapi di tahun 2017 lalu, program studi ini menerima banyak mahasiswa lagi loh. Sementara itu program studi DIV Akuntansi reguler baru dibuka mulai tahun 2017 dan hanya menerima sekitar 80 mahasiswa aja loh. Jurusan ini terkenal banyak yang di Drop Out. Ih seremmm kan? Tentunya nggak akan serem kalau setelah masuk kamu belajarnya bener dan fokus. Ya nggak? Heheheheh

Oh iya pasti kalian ada yang nanya “bedanya reguler sama tugas belajar itu apa?” Kalau reguler intinya untuk mahasiswa lulusan SMA/SMK/sederajat sementara kalau tugas belajar ini untuk pegawai yang udah menyelesaikan pendidikan DI atau DIII sebelumnya dan mendapatkan kesempatan kembali untuk kuliah di PKN STAN.

2) Jurusan PAJAK
Jurusan ini identik dengan warna kuning. Jurusan Pajak memiliki tiga program studi unggulan yaitu:
a) Diploma III Pajak (baik reguler dan tugas belajar);
b) Diploma III Pajak Bumi dan Bangunan/Penilai; dan
c) Diploma I Pajak.

Untuk program studi Pajak, pastinya akan belajar mengenai perpajakan mulai dari Ketentuan Umum Perpajakan, Pajak Penghasilan, Pajak Penjualan, Pajak Bumi dan Bangunan, Pajak Internasional, dan Pajak Daerah. Selain itu program studi Pajak juga belajar Akuntansi looo. Mulai dari Pengantar Akuntansi, Akuntansi Biaya, Akuntansi Keuangan, dan Akuntansi Perpajakan. Sementara itu untuk program studi PBB/Penilai lebih di fokuskan pada Pajak Bumi dan Bangunan, Penilaian, dan belajar Ilmu Ukur Tanah juga looo.

Nah jurusan Pajak boleh dibilang jadi jurusan yang favorit. Untuk program studi Diploma III pajak biasanya menerima 300 – 500 mahasiswa baru setiap tahunnya. Untuk program studi Diploma III PBB/Penilai biasanya hanya menerima 30 - 40 mahasiswa baru, tapi ini tidak berlaku di tahun 2017. Jumlah mahasiswa baru program studi ini mencapai 300-an mahasiswa. Nah program studi Diploma I Pajak merupakan program studi terbanyak yang diterima. Jumlahnya bisa seribu atau bahkan dua ribu mahasiswa setiap tahunnya. Banyangkan loh.....

3) Jurusan KEPABEANAN dan CUKAI
Jurusan ini identik dengan warna biru. Jurusan Kepabeanan dan Cukai (biasanya disingkat BC), memiliki dua program studi unggulan yaitu:
a) Diploma III Kepabeanan dan Cukai; dan
b) Diploma I Kepabeanan dan Cukai.

Untuk jurusan ini pastinya akan belajar secara mendalam tentang Kepabeanan dan Cukai. Mereka juga belajar Akuntansi, Hukum Keuangan Negara, Pengantar Pengelolaan Keuangan Negara, dan sebagainya. Jurusan ini semi-militer loh dan ada persyaratan tambahan khusus yaitu tinggi badan dan buta warna untuk masuk ke jurusan yang satu ini.

Program studi DIII BC biasanya menerima 150 – 200 mahasiswa baru setiap tahunnya dan semuanya cowok loh hehehehhe. Sementara itu DI BC menerima 1000-an mahasiswa baru setiap tahunnya. Kalau kamu cewek dan berniat masuk bea cukai, ya mau nggak mau kamu harus prioritasin Diploma I Kepabeanan dan Cukai di pilihan pertama.

4) Jurusan MANAJEMEN KEUANGAN
Jurusan ini identik dengan warna merah. Jurusan Manajemen Keuangan (biasanya disingkat MANKEU), memiliki tiga program studi unggulan yaitu:
a) Diploma III Kebendaharaan Negara;
b) Diploma III Manajemen Aset (dahulu bernama Pengurusan Piutang dan Lelang Negara); dan
c) Diploma I Kebendaharaan Negara.

Nah untuk program studi DIII dan DI Kebendaharaan Negara (biasanya disingkat KBN), akan mempelajari Perancanaan Penganggaran, Pelaksanaan Penganggaran (Pendapatan dan Belanja), Penatausahaan, Pelaporan, hingga Monitoring dan Evaluasi Anggaran. Selain itu juga tetap belajar Akuntansi, Ekonomi, Hukum Keuangan Negara, Perimbangan Keuangan, dan sebagainya. Kalau program studi DIII Manajemen Aset akan lebih fokus pada pengelolaan Barang Milik Negara. Kalau kamu nggak terlalu suka hitung-hitung atau lebih suka hapalan, cocok banget masuk jurusan ini. Dan sstttttttt...... katanya jurusan ini paling santai loh. (Katanya ya!!! wkwkkw)

Untuk program studi DIII KBN biasanya menerima 100 – 300 mahasiswa setiap tahunnya sementara untuk DIII Manajemen Aset menerima 30-50 mahasiswa baru setiap tahunnya. Kalau DI KBN sendiri jumlah yang diterima sekitar 40 – 200 mahasiswa setiap tahunnya.

Nah gimana? Udah kebayangkan mau masuk jurusan yang mana? Oke, terima kasih udah mau membaca tulisan ini. Sampai ketemu di tulisan selanjutnya!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar