Selasa, 14 November 2017

Ambang Batas (Passing Grade) SKD

Hai kembali lagi di BelajarTKD...

Ambang Batas (Passing Grade) merupakan ancaman terbesar kita untuk bisa lolos dari SKD. Ambang Batas itu apa sih? Mungkin kalau kamu pernah ikut SBMPTN, kamu gak akan asing lagi dengan yang namanya ambang batas. Ambang batas merupakan nilai minimal yang harus dicapai perserta seleksi agar dapat dinyatakan lulus ke tahap seleksi selanjutnya.

Wah!!! Gimana nih? Tenang ya! Kalian pasti bisa kok. Yang terpenting adalah kalian harus usaha dengan belajar dan memahami materi serta berdoa kepada Allah Swt. agar dimudahkan dalam tahap ini. Tapi, sebelum tau berapa ambang batas SKD, kalian harus tau dulu jumlah soal SKD per masing-masing bagian. Untuk Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) jumlahnya ada 35 soal, Tes Intelegensi Umum (TIU) jumlahnya ada 30 soal, dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP) jumlahnya ada 35 soal juga. Total soal SKD ada 100 soal. 

Terus gimana sih penilaiannya? Untuk jawaban benar kamu akan dapet poin 5, untuk jawaban salah dan tidak diisi kamu akan dapet poin 0. Artinya, kalau jawaban kamu salah gak akan mengurangi nilai. So, jawab aja setau kalian ya! Jangan ada yang dibiarkan kosong sia-sia nanti dipenuhi butiran debu loh wkwkwkwk. Khusus untuk TKP berbeda penilaiannya loh. Semua pilihan jawaban memiliki nilai mulai dari 5, 4, 3, 2, dan 1.

Oke balik lagi ke passing grade SKD. Berdasarkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2017 tentang Nilai Ambang Batas Tes Kompetensi Dasar Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil Tahun 2017, berikut adalah ambang batas per masing-masing bagian.
1. 75 poin untuk TWK, artinya kamu harus menjawab benar minimal 15 soal.
2. 80 poin untuk TIU, artinya kamu harus menjawab benar minimal 16 soal.
3. 143 point untuk TKP.

Gimana? Masih bingung?

“Min kalau misalnya total skor melewati ambang batas tetapi ada satu bagian yang tidak memenuhi passing grade bagaimana?”
Jawabannya adalah tidak lolos. Dalam SKD kamu wajib melewati ambang batas untuk semua bagian tes. Misalnya TWK dapet 70 poin, TIU dapet 140 poin, dan TKP dapet 160 poin dengan total poin 370, kamu tetap dinyatakan tidak lolos karena tidak memenuhi nilai ambang batas yang telah ditetapkan.

“Min kalau misalnya nih semua bagian memenuhi passing grade, apakah ada kemungkinan kita tetap gak lolos ke tahap selanjutnya?”
Jawabannya adalah bisa jadi. Tergantung nilai SKD dari formasi yang kamu lamar nih. Misalnya kamu dapet nilai TWK 80, TIU 80, TKP 145, dengan total poin 305 tapi disisi lain banyak pesaing-pesaing kamu yang dapet nilai diatas 350 poin. So, kalau misalnya kuota formasinya cuma 10 dan ada 50 orang yang mendapat nilai SKD diatas kamu, udah dipastikan kamu gak akan lolos ke tahap selanjutnya.

Begitu juga kalau misalnya tes sekolah kedinasan. Sambil cerita aja ya, dulu murid aku (ecieeeee) daftar Politeknik Keuangan Negara STAN. Dia lolos ke tahap akhir yaitu tinggal SKD doang dan pas SKD dia lolos semua passing grade dengan total poin 334. Tapi sayangnya pas pengumuman akhir, dia gak lolos PKN STAN. Itu artinya ada banyak banget kan pesaing dia yang dapet nilai SKD diatas 334. Well, makanya kamu persiapkan dari sekarang! Jangan sampai nyesel di akhir deh....


Oh ya sebenarnya passing grade SKD dulu gak setinggi itu. Mau tau ambang batas SKD tahun-tahun sebelumnya? Yuk cek disini. Oh ya, bagi kamu yang mau belajar SKD lewat video, yuk cek www.youtube.com/c/BelajarTKD1. Disitu ada banyak materi SKD yang bisa ngebantu kamu untuk lolos di tahap SKD ini. Oke!!! Jangan lupa like, comment, share, and subscribe J


Tidak ada komentar:

Posting Komentar