Kamis, 23 November 2017

GIMANA SIH PERJUANGAN MASUK STAN (TES TERTULIS)?


 Hai BelajarTKD balik lagi ini..
Kali ini mimin mau ngasi informasi sekaligus jawab pertanyaan adik-adik semua yang penasaran tentang gimana sih rasanya kuliah di STAN? Oke mimin mau cerita dari awal ya. Saat itu tahun 2014, mimin udah kuliah semester II di salah satu perguruan tinggi negeri di Sumatera Utara. Tapi mimin ada sedikit masalah dengan jurusan mimin. Akhirnya mimin mencoba untuk ikut SBMPTN ulang di tahun 2014 dan ikut tes masuk STAN. Mimin kan dari Sumatera nih ya, pas SMA pingin banget kuliah ke Jawa. Tapi apa daya, orang tua tak merestui (hehehehe). Katanya sih karna mimin nih anak terakhir boleh di bilang agak sedikit manja (padahal enggak juga loh).

Mimin pas SNMPTN 2013 udah ngambil PTN di Jawa, tapi gak lulus, padahal mimin terbilang punya prestasi yang cukup apik. Tapi yaudahlah, mungkin ini yang dinamakan restu orang tua. Nah pas SBMPTN 2013 mimin ikut saran orang tua untuk milih PTN di Sumatera Utara aja dan akhirnya lulus. Mimin ceritain nih ke orang tua, kayaknya mimin harus coba ulang tahun depan. Orang tua tetep nggak izinin sih, tapi mimin diam-diam ikut SBMPTN 2014. Tiba-tiba waktu itu ada pengumuman penerimaan mahasiswa baru STAN, mimin disuruh ikut sama orang tua. Mereka janji akan ngebolehin mimin ke Jawa kalau misalnya keterima STAN. Kata orang tua mimin STAN itu keren banget, lulusannya dijamin langsung kerja, gajinya gede (orang tua mimin tau karena ada tetangga yang anaknya lulusan STAN juga). Oke deh fix, mimin ikut SBMPTN 2014 dan USM (Ujian Saringan Masuk) STAN 2014.

Nah untuk ikut USM STAN, berikut tahapan yang mimin lalui sampai Tes Tertulis ya.
1.      Memenuhi Persyaratan Pendaftaran
Nah sebelum daftar, STAN akan ngasi tau syarat-syarat yang harus kamu penuhi apa-apa aja untuk bisa daftar USM STAN. Waktu itu pas tahun 2014 syaratnya:
a.    Lulus SMA atau sederajat untuk semua bidang keahlian/jurusan, artinya STAN nerima lulusan SMA IPA, SMA IPS, SMA Bahasa, SMK, MA dan sebagainya, asal bukan SMP atau SD ajalah...
b.      Nilai rata-rata ujian tulis pada ijazah tidak kurang dari 7 dari skala 10. Mulai tahun 2016 syaratnya berubah seiring dengan perubahan jadwal pelaksanaan USM STAN. Untuk yang akan lulus pada tahun yang bersangkutan, nilai rata-rata rapor untuk komponen Pengetahun tidak kurang dari 70 dengan skala 100. Ini karena pas pendaftaran USM STAN dilakukan sebelum ujian nasional. Tapi klo yang udah punya ijazah syaratnya jadi sama kayak mimin.
c.       Usia berdasarkan tanggal lahir yang tercantum dalam ijazah tidak kurang dari 17 tahun dan tidak lebih dari 20 tahun, waktu itu sih patokannya bulan September.  Tapi mulai tahun 2016 batas usia minimal udah nggak ada loh. Jadi kamu kamu dan kamu yang dari akselerasi bisa daftar STAN tanpa khawatir.
d.      Berbadan sehat, tidak cacat, dan bebas napza. Nah yang ini pasti ya! Tapi di syarat USM STAN 2017 syarat tidak cacat badan dihilangkan loh.
e.       Belum menikah dan bersedia tidak menikah selama ikut pendidikan.   Nah kalau yang ini masi sama sih syaratnya. Kalau mau masuk STAN tapi juga pengen nikah cepet, kamu bisa ambil Diploma I yang masa pendidikannya cuma 2 semester alias 1 tahun.
f.        Khusus Kepabeanan dan Cukai ada syarat tambahan tinggi badan, tidak buta warna, dan mata minus dan/atau plus maksimal 2 dioptri. Di syarat USM STAN 2017 nambah satu yaitu tidak cacat badan. Ini sih buat kamu yang pengen masuk Bea Cukai ya.
g.      Menyetor biaya pendaftaran. Zaman aku sih masih 150k tapi sekarang udah naik jadi 250k wkwkwkkw.
2.      Pendafaran Online
Nah setelah syarat terpenuhi, kita harus daftar online terlebih dahulu di www.usm.stan.ac.id. Setelah daftar online cetak BPO (Bukti Pendaftaran Online) dan siapin dokumen untuk verifikasi berkas yaitu BPO, ijazah/rapor(bagi yang belum lulus) beserta fotocopy legalisirnya, KTP/SIM/SKCK, dan pas foto studio.
3.      Verifikasi Berkas
Nah setelah masa pendaftaran selesai, nanti dari pihak STAN akan ngumumin tanggal pelaksanaan verifikasi berkas sesuai dengan nomor BPO kamu loh... Verifikasi berkas itu apa sih? Verifikasi berkas itu kayak mencocokan kebenaran data yang kita input saat pendaftaran online dengan dokumen aslinya. Waktu itu sih mimin sempet salah jumlah nilai ijazah, tapi tenang, ini gak akan menggugurkan kamu sebagai peserta kok. Nanti yang salah malah diperbaiki. Ohya verifikasi berkas harus dilaksanakan sesuai tanggal yang tercantum dalam pengumuman ya dan nggak boleh diwakilkan. Kalian harus datang sendiri dengan pakaian yang sopan. Dari verifikasi berkas ini kalian akan memperoleh BPU (Bukti Peserta Ujian) dan denah lokasi ujian.
4.      Tes Tertulis
Nah ini dia tes pertama masuk STAN yaitu tes tertulis. Pada tahap ini kalian akan mendapat 120 soal TPA (Tes Potensi Akademik) yang dijawab dalam waktu 100 menit dan 60 soal TBI (Tes Bahasa Inggris) yang dijawab dalam waktu 50 menit. Pada tahap inilah yang paling banyak berguguran... TPA STAN sih hampir sama kayak TPA SBMPTN ya menurut aku Cuma bedanya ada beberapa penambahan jenis soal aja sih. Materi TPA ya verbal, bacaan, kuantitatif, dan logika. Kalau TBI ya structure, error, reading, sama cloze question. Itu aja sih.... sebenernya tes tahap I ini gampang loh, soalnya juga gak terlalu sulit asal kalian banyak berlatih. Nah di tahap ini minimal lulus kalian harus memenuhi kriteria nilai mati yati bener 1/3 dari jumlah soal untuk masing-masing bagian tes. Tes terlulis ini dilaksanakan serentak di 27 lokasi di Indonesia.
Mimin sih nggak ada ya ikut-ikut bimbel STAN. Mimin cuma berbekal buku STAN yang mimin pinjem dari salah seorang temen mimin dan cari-cari soal USM STAN 2013 di internet.
Pada waktu tes, mimin si lancar ngerjai TPA, sekitar 80 soal mimin kerjain deh (tpi banyak yg nggak yakin bener juga). Malah mimin ragunya di TBI, karena mimin kurang oke nih bahasa Inggrisnya. Tapi ngejawab 50-an soal sih wkwkwk (sok bener). Tapi hasilnya mimin udah pasrah, nggak mau terlalu berharap, tapi ya mana tau jalan mimin di STAN.

Nah mimin inget banget, dulu pengumuman SBMPTN dan STAN tahap I hanya selisih satu hari. Mimin pas cek SBMPTN seneng banget karena diterima di Statistika (jurusan yang mimin pengenin, walaupun nggak pengen banget sih wkwkkw) di salah satu universitas negeri di Jawa Barat. Mimin seneng banget, tapi bingung juga gimana bilangnya ke orang tua ya. Eh besoknya pengumuman tahap I STAN, dan mimin lolos juga. Oh My God, terimakasih banget. Sekarang mimin nih yang pusing..... Mimin akhirnya coba ngomong ke orang tua kan, jujurlah ya, dan mereka ngedukung STAN itu sih dan yakin mimin bakal keterima (padahal mimin nggak yakin loh). Akhirnya mimin pun merelakan hasil SBMPTN itu hufttttttt....

Mimin udaH ngantuk nih, ntar lanjut lagi ya ceritanya ke Tes selanjutnya!!! Bye Bye... Semangat Adik-adik yang mau masuk STAN.

1 komentar:

  1. Baccarat | UK Casino - Wilbur Museum
    Visit the website www.playbaccarat.com.au, and find out about 바카라 the best baccarat tables here. 메리트카지노 Baccarat tables at Baccarat.com.au In-Play Online Baccarat - A Beginner's Guide. 바카라

    BalasHapus